Hal-hal yang Harus Diketahui Tentang Prodi Sistem Informasi

Sistem Informasi (SI) merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menerapkan berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam aspek bisnis dan pengelolaan sistem berbasis teknologi informasi pada sebuah organisasi, terutama pada proses pembuatan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/pengetahuan diseluruh ruang lingkup organisasi.

Fokus Sistem Informasi ada dalam pengambilan keputusan bisnis dan cara sistem informasi mendukung organisasi modern dalam mencapai tujuan kegiatan sehari- hari dan jangka panjang. Untuk mendukung hal tersebut dilakukan bidang kajian yang dikembangkan pada Program Studi Sistem Informasi yaitu:

  1. Arsitektur Sistem Informasi, desain kebutuhan proses bisnis di organisasi dan perusahaan yang dirancang berdasarkan peran teknologi informasi
  2. Tata Kelola Teknologi Informasi, pengelolaan peran teknologi informasi yang efisien dan efektif di organisasi & perusahaan.
  3. Keamanan Sistem Informasi, menjaga keamanan sistem informasi yang berjalan di organisasi dan perusahaan agar terhindar dari berbagai serangan sistem lain yang merusak.
  4. Audit Sistem Informasi, mengevaluasi sistem informasi yang sudah berjalan di organisasi & perusahaan agar tetap pada tujuan awal proses bisnis yang telah direncanakan.

Sistem Informasi adalah kunci kesuksesan dalam pencapaian keberhasilan kinerja perusahaan/organisasi karena dapat mengintegrasikan seluruh fungsi bisnis dalam perusahaan.

Kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena berbasis 3 (tiga) bidang yaitu: komputer, manajemen dan bisnis. Lebih rincinya merupakan gabungan antara teknologi informasi, ilmu komputer, dan ilmu manajemen industri dan bisnis.

Untuk memberikan kompetensi di bidang komputer, mahasiswa dibekali dengan kemampuan: pemrograman, jaringan komputer, basis data, basis data lanjut, algoritma dan pemrograman, keamanan komputer, analisis dan perancangan sistem informasi, sistem operasi, dan sebagainya.

 Kemampuan manajemen melalui kuliah sistem informasi manajemen, pengantar manajemen umum, sistem perbankan,

Sedangkan pengetahuan tentang bisnis dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis yang umum dalam organisasi seperti: Kewirausahaan, Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

Seorang Sarjana Sistem Informasi memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Dapat mendefinisikan dan menganalisa kebutuhan sistem informasi sebuah organisasi
  2. Mengembangkan sistem informasi untuk memperkaya teori, metode, dan paradigma yang telah ada
  3. Merencanakan proyek-proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi
  4. Memonitor proyek-proyek konstruksi teknologi informasi sebagai komponen utama sistem informasi,
  5. Mengelola manajemen pemeliharaan sistem informasi (maintenance, supports, dan services) yang telah diimplementasikan dalam sebuah perusahaan atau organisasi,
  6. Mempelajari aspek bisnis dari sebuah organisasi atau perusahaan (bukan hanya dari sudut pandang teknologi saja) sehingga dapat menganalisis keperluan dan permasalahan yang ada di perusahaan serta memberikan solusi yang berkaitan dengan IT dengan cepat dan tepat.
  7. Mengembangkan metodologi-metodologi baru yang dapat dipergunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan proyek-proyek sistem informasi, seperti information system strategic planning, I/T audit, custom development management, package implementation strategy, information technology infrastructure development,dan sebagainya.

Program Studi Sistem Informasi menghasilkan mahasiswa/i yang memiliki keahlian dalam menganalisis dan  mendesain, serta memberikan solusi sistem informasi yang kreatif berdasarkan permasalahan bisnis, serta menggali dan mengevaluasi nilai strategis dari pemanfaatan TI tersebut untuk mencapai tujuan organisasi sehingga memiliki daya saing di dunia industri dan mampu meningkatkan keunggulan kompetitifnya dalam dunia bisnis.

Peluang seorang Sarjana Sistem Informasi yang terbiasa berpikir analitis sangat terbuka luas terhadap dunia nyata dan bisnis karena pasarnya selalu ada, masa depannya cerah karena memiliki peran strategis di sebuah perusahaan  dan peran ini akan terus meningkat   karena terkait dengan pengembangan, pengaplikasian dan pengintegrasian berbagai solusi IT untuk efisiensi dan efektifitas manajemen dalam dunia bisnis, yang akan menempatkan lulusan dalam posisi vital dan strategis dalam dunia korporat, kemudian dari segi keilmuan  juga menitikberatkan pada aplikasi teknologi informasi untuk membantu masyarakat dan perusahaan dalam mencapai sasarannya. Lebih jauh lagi kemampuan yang dimiliki oleh seorang Sarjana Sistem Informasi dapat digunakan untuk menganalisis bisnis proses di perusahaan milik mereka sendiri karena mereka juga didorong untuk berwirausaha dan mengembangkan kemampuan melalui proses update pengetahuan secara terus menerus.

Untuk memperkuat pemahaman praktis, mahasiswa diberi kesempatan Kuliah Kerja Praktik selama 1-3 bulan. Hal ini diberikan guna memberikan gambaran kondisi kerja secara nyata.

Menjadi seorang sarjana Sistem Informasi peluang kerjanya sangat luas karena diperlukan oleh hampir semua perusahaan lintas sektor.

Peluang Kerja Lulusan Program Studi Sistem informasi:

  1. System Analyst,
  2. IT Manager,
  3. IT Consultant,
  4. IT Auditor,
  5. System Integrator,
  6. Network Administrator,
  7. Software Engineer Information System Developer,
  8. Information System Project Manager,
  9. Information System Developer,
  10. Consultant & System Integrator,
  11. Database Specialist,
  12. Database Administrator,
  13. Manajer proyek Pengembangan Sistem,
  14. Administrator Sistem dan Web,
  15. System Support, Web Developer,
  16. Web Content Specialist,
  17. Business Process Analyst,
  18. Business Intelligence,
  19. Application Developer,
  20. E-Business Analyst,
  21. ERP Specialist,
  22. IT Asset Officer,
  23. IT Operation Officer,
  24. Network Administrator,
  25. Multimedia Developer,
  26. Enterpreneur in IT Business.

Kemitraan Program Studi Sistem Informasi:

  1. APTIKOM
  2. Microsoft
  3. Oracle Academy
  4. CISCO Networking Academy

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *