Mahasiswa Bertanya, Prodi Menjawab

Banyak hal yang biasanya ditanyakan oleh Para Mahasiswa/i utamanya dari Program Studi Sistem Informasi.

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan, sehingga apabila pertanyaan nya sudah ada disini maka pertanyaan mu sudah terjawab. Kalau masih ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komen atau fasilitas chat di web ini.

Postingan ini akan terus diupdate apabila masih ada pertanyaan-pertanyaan lainnya yang diajukan ke Prodi Sistem Informasi.

CMB = Calon Mahasiswa Baru 

M = Mahasiswa

A = Alumni

P = Prodi

—–

CMB : Berapa sih biaya kuliah di Prodi Sistem Informasi ?

P : Biaya kuliah itu tergantung jenis kuliah yang kamu ambil, kelas pagi atau malam. Kelas Pagi dari jam 8.00 s.d 15.30 Wita, kelas Malam dari 16.30 – 22.00 Wita. Biasanya kisaran biaya antara 9 s.d 10 juta. Itu sudah termasuk paket lengkap dalam satu semester, tinggal kuliah aja. Mulai dari Biaya gedung, official cup, dll termasuk biaya BPP dan SKS di semester 1.
Semester berikutnya tinggal bayar BPP dan SKS aja. Biaya SKS variatif sesuai dengan jumlah sks yang diambil.  Biaya kuliah sepadan kok dengan fasilitas yang didapatkan. Lab nya aja udah mau nambah lagi.

CMB : Bisa ga sih siswa/i non komputer kuliah di Prodi Sistem Informasi?

P : Bisa banget! karena kuliah di Sistem Informasi itu mengajarkan kamu banyak bidang seperti pengenalan teknologi informasi, algoritma, program, website, banyak hal. Di semester awal kamu diajari dasar-dasar dulu sampai paham setelah itu lanjut ke semester berikutnya kemampuan menengah sampai ke tingkat akhir kamu bisa mendevelop/mengembangkan  program/penelitian kamu sendiri.

CMB : Bisa ga sih siswa/i jurusan TKJ kuliah di Sistem Informasi?

P : Bisa, di SI juga ada mata kuliah Jaringan Komputer. Mata Kuliah Wajib dan Pilihan juga ada tentang Jaringan.

M : Bagaimana cara daftar Semester Pendek?

P : Daftarnya bisa langsung ke Prodi untuk mata kuliah apapun selama mata kuliah itu pernah diambil sebelumnya, minimal 10 orang. Dengan catatan apabila mata kuliah yang diulang ada di semester gasal/ganjil maka proses semester pendek juga akan dilaksanakan di semester gasal/ganjil. Demikian pula untuk semester genap.

M : Bagaimana cara proses perwalian?

P : Silakan datang ke kampus, ambil slip BPP di BAUK, bayar ke Bank KALTIMTARA, serahkan slip pembayaran ke BAUK, dan gunakan hotspot kampus, masuk ke SIA, isi kuesioner lalu pilih mata kuliah yang akan diambil di semester berikutnya. Setelah itu datangi dosen wali untuk perwalian, setelah mata kuliah disetujui dosen wali. Maka slip SKS bisa diambil di BAUK, bayar ke Bank KALTIMTARA, serahkan slip ke BAUK lagi dan selamat KULIAH.

M : Apabila mengambil Seminar Ilmiah atau KKP di sebuah semester apakah ujian nya wajib di semester itu juga?

P : Pada dasarnya Seminar Ilmiah atau KKP sama dengan mata kuliah yang biasa kamu ambil di sebuah semester. Jadi, Sebaiknya ujian nya juga dilakukan di semester itu.

M : Apakah pembimbing Skripsi sama dengan pembimbing PI/KKP yaitu dosen wali?

P : Bisa sama bisa tidak. Pembimbing pada saat skripsi bisa saja berbeda tergantung topik skripsi yang diambil.  Untuk Skripsi setiap mahasiswa mendapatkan dua (2) orang Dosen Pembimbing.

M : Apakah untuk maju seminar Proposal Skripsi harus nonton Seminar Proposal sebelumnya?

P : Ya, harus nonton terlebih dulu, tujuannya agar mengetahui langkah-langkah proses seminar, minimal 3 kali nonton. Setiap nonton membawa form menonton seminar, formnya bisa di download di web prodisi.wicida.ac.id

M : Bagaimana proses pengajuan Judul Untuk Proposal Skripsi?

P : Silakan temui Ketua Program Studi Sistem Informasi di Ruangan Kaprodi dengan membawa: Cover Judul Skripsi, Bab 1, Bab 2, dan Bab III yang akan diajukan, selanjutnya Kaprodi SI akan menentukan apakah judul tersebut layak untuk diteruskan menjadi Skripsi atau tidak (proses persetujuan Judul Proposal tergantung kemutakhiran topik, alat analisis, dan software yang diambil serta kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan proposal Skripsi yang akan dibuat).  Dalam proses pengajuan Judul Skripsi akan terjadi diskusi antara Kaprodi SI dengan mahasiswa yang bersangkutan. Apabila disetujui, Kaprodi SI akan memberikan Dua (2) Orang Dosen Pembimbing yang akan membimbing mahasiswa dalam proses penyelesaian Skripsi.

M : Bagaimana kalau Dosen Pembimbing susah ditemui atau setelah sekian lama revisi, tidak juga menyetujui hasil revisi?

P : Pada dasarnya Revisi adalah sebuah proses dalam penyelesaian tugas akhir. Namun, apabila dirasa ada yang perlu disampaikan maka bisa langsung menghubungi Kaprodi SI baik itu secara langsung ataupun via WA.

M : Apakah dalam proses penyelesaian tugas akhir diperlukan sertifikat TOEFL?

P : Ya, seperti yang sudah pernah disampaikan

berkas-berkas yang HARUS dilengkapi pula untuk dapat maju Ujian Seminar sebagai kelengkapan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)

  1. Fotocopy Sertifikat TOEFL (Pendaftaran dan Pembukaan Tes TOEFL dapat dilihat di FB: Balai Bahasa WICIDA https://www.facebook.com/profile.php?id=100009546200657 , Standar minimal 400)
  2. Fotocopy Sertifikat Pendidikan Karakter (misal: ESQ atau Bela Negara)
  3. Fotocopy Sertifikat Kompetensi (misal: CISCO dan ORACLE)
  4. Fotocopy Sertifikat dan Menang Kejuaraan *bila ada
  5. Fotocopy Pengalaman Berorganisasi di STMIK Widya Cipta Dharma *bila ada

Prodi merupakan bagian dari akademik yang menjamin bahwa mahasiswa yang akan lulus sudah lengkap berkasnya (seperti yang disebutkan di atas) Oleh karena itu, diupayakan pada saat akan maju ujian pendadaran fotocopy di atas harus sudah LENGKAP.

M : Apa dan Bagaimana mendapatkan Sertifikat TOEFL ?

P : Silakan cek di Buku Pedoman STMIK WICIDA halaman 80-81 dan mengecek di Facebook Balai Bahasa WICIDA.

Membayar biaya tes di BAUK – mengkonfirmasi rencana jadwal tes dengan menunjukkan slip pembayaran ke admin UPT Balai Bahasa – bagi mahasiswa yang lulus tes diwajibkan menyimpan slip pembayaran sampai sertifikat telah diterima.

M : Kapan TOEFL  dilaksanakan ?

P : Jadwal TOEFL – Like maksimal 1 kali setiap 2 minggu dan minimal 1 kali setiap bulan (kecuali pada saat akan yudisium dan wisuda). Proses penilaian hasil hingga penyiapan sertifikat untuk dimabil mahasiswa maksimal 1-2 minggu. Lokasi Pendaftaran Tes TOEFL di Kantor Balai Bahasa Gedung A Lt.1 R.4 (seberang ruang UPT. Puskom) , Pelaksanaan Tes TOEFL di Laboratorium Bahasa Gedung C Lt. 3 R.17.

M : Berapa nilai syarat lulus TOEFL, berapa biayanya, dan berapa lama masa berlakunya ?

P : Syarat nilai kelulusan adalah 400 dengan biaya Rp. 60.000,-  sertifikat berlaku selama 1 tahun sejak dikeluarkan. Apabila selama 3 kali berturut-turut tidak lulus maka akan mendapatkan Surat Capaian Skor TOEFL dari Balai Bahasa sebagai pengganti Sertifikat TOEFL.

=== Next Update ===

 

admin

Program Studi Sistem Informasi STMIK Widya Cipta Dharma Jl. Prof. M. Yamin No. 25 Samarinda Kalimantan Timur

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *