Mengapa Pilih Program Studi Sistem Informasi STMIK WiCiDa?!

Berikut dijelaskan tentang Program Studi Sistem Informasi baik itu dari segi Kemampuan Lulusan, Kurikulum,  Cakupan Ilmu, Cakupan Bidang, dan Tujuan sebagai berikut:

Kemampuan:  Mendesain, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi ke dalam sebuah organisasi.

Kurikulum: Memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam persaingan.

Cakupan Ilmu: Mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan informasi di organisasi dapat terpenuhi.

Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitan untuk mencapai visi dan misi organisasi.

Mempelajari aspek penting bagaimana “informasi” diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam organisasi

Cakupan Bidang: Mencakup pondasi bidang bisnis, meliputi manajeman bisnis, prinsip-prinsip manajemen, sistem informasi, sistem informasi akuntansi dan keuangan, sistem-sistem perusahaan, arsitektur, dan pemrograman aplikasi perusahaan.

Tujuan: Dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional, terutama terkait dengan pengembangan, pemnafaataan, dan pengelolaan Sistem Informasi dalam suatu organisasi.

Mengapa Memilih Program Studi Sistem Informasi?!

Kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena berbasis 3 (tiga) bidang yaitu Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Fokusnya tetap di bidang software (programming), tapi lebih ke arah penerapan bisnis perusahaan.

Lebih rincinya merupakan gabungan antara teknologi informasi, ilmu komputer, dan ilmu manajemen industri bisnis.

Untuk memberikan kompetensi di bidang komputer, mahasiswa dibekali dengan kemampuan: Pemrograman (misal: Visual, Web, Java, dan sebagainya), Basis Data, Basis Data Lanjut, Algoritma dan Pemrograman, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Praktikum Aplikasi Perangkat Lunak, Pengelolaan Instalasi komputer, Sistem Pengarsipan dan Akses, Sistem Operasi, Keamanan Komputer.

Kemampuan Manajemen: melalui kuliah Sistem Informasi Manajemen, Pengantar Manajemen Umum, Sistem Perbankan.

Sedangkan Pengetahuan Tentang Bisnis dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis yang umum dalam organisasi seperti: Pengelolaan Proyek Sistem Informasi, Analisis Kinerja Sistem, Pengolahan Data Terdistribusi, Pengembangan Sistem Informasi, Dasar Audit Sistem Informasi, dan Kewirausahaan.

dapat disimpulkan, Sistem Informasi mempelajari tentang Manajemen TI

Sumber: http://henypratiwi.wicida.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *